Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Faedah Robot Trading Otomatis

Saat ini, pemanfaatan teknologi isu sungguh dikehendaki untuk mengembangkan produktivitas dan efisiensi perusahaan dalam menghadapi kompetisi di kala bisnis yang kian kompetitif. Mengadopsi teknologi berjulukan Robotic Process Automation (RPA) menjadi salah satu pilihan.

Untuk diketahui, RPA merupakan instrument untuk mengautomasi acara insan yang bersifat repetitif atau berulang dan terstruktur. Misalnya saja, memproses invoice, menjalankan proses audit, dan menginput data.

RPA sanggup menolong perusahaan merubah alur kerja mereka dari konvensional menjadi digital. Pekerjaan di dalam perusahaan pun lebih simpel alasannya sumber daya insan sanggup berkonsentrasi pada jenis pekerjaan yang membutuhkan konsep, ide, serta analisis mendalam.

Pada perusahaan yang berbasis layanan atau jasa, RPA sanggup diimplementasikan selaku layanan chatbot untuk merespons unek-unek dan pertanyaan konsumen 24 jam seminggu.

 Selain itu, bagi perusahaan layanan dan jasa, perusahaan sanggup mengimplementasikan RPA dalam bentuk layanan chatbots atau biro digital untuk merespons undangan dan unek-unek konsumen secara online.

Sementara, bagi perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, RPA juga sanggup dimanfaatkan untuk standardisasi produk dengan cara monitoring. Manfaat dari optimalisasi RPA sudah dinikmati sejumlah perusahaan di Tanah Air.

Dua di antaranya merupakan DANA dan PT Sukanda Djaya Diamond Group. Manfaat tersebut disampaikan dalam  webinar Infokomputer Tech Gathering: Mengungkap Kunci Sukses Implementasi Robotic Process Automation pada Kamis (25/3/2021).

Infokomputer melakukan pekerjaan sama dengan PT Sinergi Wahana Gemilang selaku Value Added Distributor (VAD) device IBM di Indonesia selaku penyedia layanan RPA.

Cloud Integration Technical Sales Lead PT IBM Indonesia, Winton mengatakan, penyelesaian RPA sanggup menyediakan imbas sistemik dan terobosan terhadap cara kerja manusia.

“RPA bisa menjalankan banyak hal dan menjalankan apapun yang diperintah alasannya berlangsung dengan bot. Sebagai perbandingan, jikalau insan bisa memasukkan a hundred information maka RPA bisa memasukkan information hingga 300 bahkan bisa lebih dari itu,” terang Winton.

Lebih lanjut, Winton menyebutkan, RPA bisa mengurangi terjadinya kesalahan atau human error. Menariknya lagi, dengan mengadopsi RPA perusahaan bisa menekan ongkos operasional perusahaan.

VP Of Technical Operations DANA Zikry Z Sundus menyebutkan, banyak laba yang dinikmati dengan menggunakan RPA. Salah satunya, bisa mendapat 1.000 service provider vicinity cuma dalam kurun waktu 15 menit.

“RPA sanggup melakukan pekerjaan 160 kali lebih singkat serta sanggup melakukan pekerjaan akurat hingga a hundred persen” kata Zikry S Sundus.

Sementara itu, IT Director Sukanda Djaya Diamond Group Joanito Iwan, mengungkapkan RPA sanggup memudahkan proses bisnis bahkan ia bisa mempersingkat waktu di saat ada order dari klien.

“Dengan pinjaman RPA, saban hari kita bisa tangani 25.000 hingga 30.000 order dari pelanggan. Bahkan dalam satu order mesti dikirim dalam dua pengantaran berbeda. Namun, adanya RPA menghasilkan seluruhnya jauh lebih gampang dan cepat,” tambah Iwan.

Artinya, tidak cuma laba operasional yang mau didapat perusahaan, efisiensi biaya, tidak adanya lembur, maupun human errors pada setiap proses buatan sanggup dinikmati menyeluruh lewat implementasi RPA.

Penggunaan RPA juga menjadi penyelesaian pandai mudah-mudahan para pegawai maupun pengambil keputusan sanggup konsentrasi mendesain taktik bisnis dari hulu ke hilir.

Dengan beraneka ragam akomodasi yang ditawarkan, masuk akal jikalau forum riset Gartner (2020) memprediksi bahwa pasar RPA di seluruh dunia pada 2021 akan mengalami kenaikan hingga 1,89 miliar greenback Amerika Serikat, atau naik 19,5 persen dibanding 2020.